Nokia 500 : Gesit dengan Prosesor 1 GHz


Nokia 500 : Gesit dengan Prosesor 1 GHz
Diterpa ratusan bahkan ribuan merek baru, baik di lingkup global maupun lokal, tidak lantas membuat Nokia patah arang. Raksasa vendor asal Finlandia itu terus memutar otak agar tetap mendapat tempat di hati pengguna, terutama kalangan menengah ke bawah. Sebab itu, Nokia menghadirkan N500, smartphone Symbian pertama buatan Nokia yang telah didukung prosesor berkekuatan 1GHz. Tidak ayal lagi, kegesitannya patut diacungi jempol.

Desain
Nokia N500 berukuran 111,3 x53,8x14,1 mm. Bodinya ramping memanjang dan didominasi oleh layar sentuh. Bobotnya 93 gram, sangat ringan sebagai sebuah smartphone yang kaya fitur. Hampir seluruh bodinya  terbuat dari plastik, namun kualitas material yang Nokia pakai bukan yang berkualitas rendah. Back cover smartphone juga dilapisi plastik, tetapi dilapisi lagi oleh karet dof. Smartphone ini memiliki layar sentuh TFT capacitive 3,2 inci yang memiliki resolusi 360 x 640 piksel dengan kedalaman 16 juta warna. Layarnya telah disematkan sensor accelerometer, jadi Anda bisa menggunakannya dalam posisi vertikal maupun horizontal.

Pada Nokia 500, terdapat tiga layar utama, di mana setiap layar berisi aneka widget jalan pintas yang bisa diatur sesuai kebutuhan penggunanya. Tepat di bawah layar ada tombol yang diapit tombol call dan end call untuk menuju menu utama.

Fitur
Dengan Nokia 500, pengguna bisa memaksimalkan hasil foto dan video mereka. lni berkat kehadiran Photo Editor juga Video Editor. Anda bisa memberi frame, teks, memotong sambung klip video, menghilangkan red eye pada foto, membubuhi efek warna, dan segudang kemampuan lainnya. Hasilnya bisa Anda kirim langsung  ke orang lain.

Jika kemampuan foto maksimal 5 MP, maka videonya hanya sebatas VGA. Beroperasi di jaringan 3G  HSDPA, pengguna Nokia 500 dapat mengakses dunia maya dengan mudah, mulai dari menikmati berbagai konten video, ragam aplikasi yang lengkap, jejaring sosial yang ter-update real time, dan masih banyak lagi. Aneka hiburan di dalamnya pun terasa kian menyenangkan.

Cellular berbasis OS Symbian Anna ini juga dibekali fitur-fitur khusus yang berkaitan langsung dengan dunia kerja. Sejumlah menu perkantoran, termasuk membuat dokumen lewat Quick Office, Adobe Reader, dictionary dan semacamnya untuk membantu rutinitas kerja sehari-hari pengguna. Sayang, untuk mendapat versi lengkapnya Anda harus merogoh sedikit kocek tambahan.

Penilaian
Dengan bangga smarphone berbasis OS Symbian Anna ini diperkenalkan Nokia awal Agustus lalu. Bukan apa-apa, meski bentuknya ringkas ia memiliki prosesor l GHz yang jelas kuat dan dapat diandalkan saat beroperasi. Dengan jeroan seperti ini, proses bisa ditangani tanpa hambatan. Pujian lain pun jatuh ke browser-nya. Browser HTML default untuk surfing internet begitu cepat dan mudah. Bahkan, ia sudah mendukung format HTML XHTML dan RSS feeds.

Kinerja radio FM, Java MIDP 2.1, Digital compass MP4/H.263/H.264 player, MP3/WAV/AAC+/WMA
player, Flash Lite 4.0 dan beberapa fitur lain cukup baik dan tidak menemui kendala berarti. Baterai Li-Ion BL-4U memiliki daya 1110 mAh. Baterainya mampu memberi daya hingga 500 jam (2G) atau hingga 455 jam (3G) di moda stand by. Sementara dalam moda bicara atau memutar musik, ia bisa bertahan sampai 7 jam (2G) atau 5 jam (3G).