CrossX AD350 : Desain Mantap, Harga Hemat

CrossX AD350

Dalam waktu yang hampir bersamaan CrossX mengeluarkan dua handphone android 2.2 dengan harga terjangkau, salah satunya CrossX AD350. Handphone ini hadir meramaikan pasar local yang tengah gencar menggelontorkan  handphone ber-OS android.

Desain dan Antarmuka
CrossX AD350 berdesain kokoh dengan casing tebal yang mantap digenggam. Casing plastiknya ber-finishing doff dengan permukaan kesat. Dari penampilannya terlihat mahal dan berkelas, padahal harga jualnya tergolong murah untuk kelas handphone Android OS, yakni masih kisaran Rp1 jutaan.

Layar sentuh resistive mendominasi permukaan handphone dengan kerapatan 320 x 480 piksel. Meski berukuran cukup besar namun berkinerja kurang responsif. Kenyamanan menjadi sedikit berkurang saat pengoperasiannya. Teknologi accelerometer ditambahkan sebagai pengubah otomatis rotasi tampilan layar, namun layar belum mendukung teknologi multitouch.

Pada homescreen tidak ada perubahan jika dibandingkan dengan handphone sejenis. Terdiri dari 4 lembar homescreen yang dapat dipersonalisasi dengan widget dan ikon tambahan. Lembar notifikasi standar juga masih bertengger di tempatnya (sisi atas layar). Sedangkan, untuk halaman menu masih menyuguhkan bentukan ikon yang sama.


Aplikasi
Handphone CrossX AD350 diotaki sistem operasi Android 2.2 Froyo dan prosesor berkekuatan 600 MHz. Hasil Uji Antutu System Benchmark menghasilkan skor 1323 dan secara global lebih unggul dari HTC Hero dan HTC Wildfire. Pengujian dengan aplikasi Quadrant Standar tidak berhasil dilakukan karena beberapa kali percobaan mengalami error sistem.

Dari kondisi jeroan handphone tentu sudah dapat terbaca bagaimana kinerjanya. Pengguna tidak bisa berharap terlalu besar dengan kondisi yang ada. Hal ini tergolong wajar mengingat harga jualnya yang terjangkau masyarakat kebanyakan.

Aplikasi bawaan tidak banyak, namun sudah mencukupi kebutuhan standar sebuah handphone masa kini, yakni email, chatting, jejaring social dan browser. Sebut saja Opera Mini, eBuddy, Facebook, Twitter, WhatsApp, Yahoo, dan MSN. Selain itu dukungan aplikasi bawaan Google juga pasti dapat dijumpai di dalam menu, dari email, peta, chatting, hingga pasar aplikasi (Android Market).

Koneksi
Koneksi internet CrossX AD350 mengusung jaringan GSM 3G. Sistem pemasaran tanpa bundling membuat handphone ini dapat menggunakan jaringan operator GSM apa saja. Proses aktivasi internet sama mudahnya dengan handphone Android lain. Selain via operator, berinternet dapat dilakukan dengan jaringan Wi-Fi yang dimiliki. Kelebihan lainnya lewat kehadiran Wi-Fi Tethering untuk membuat area hotspot sendiri.

Koneksi antarperanti masih mengandalkan Bluetooth dan kabel data. Proses pairing dengan peranti lain berjalan normal, begitu juga saat proses transfer datanya. Koneksi dengan kabel data juga sama lancarnya dan tanpa kendala yang berarti. Transfer data dapat langsung dilakukan begitu kabel terpasang, sedangkan sinkronisasi ke PC membutuhkan install driver dahulu yang ada dalam memori handphone.

Multimedia
Fitur hiburan yang terdapat pada CrossX AD350 tidak berbeda dengan handphone Android OS lainnya. CrossX tidak menambahkan aplikasi khusus untuk mendukung fitur-fitur ini. Seperti pada audio player yang memiliki tampilan grafis tidak berbeda dengan yang lain. Kualitas suara terdengar renyah dan volume maksimalnya cukup
lirih untuk sebuah handphone lokal. Dapat dikatakan performa suara kurang nendang, sayangnya tidak ada equalizer sebagai pendongkraknya.

Fitur kamera 3 MP yang tertanam tidak ditunjang oleh lampu flash. Pengaturan kamera dan gambarnya juga standar. Hasil foto indoor bercahaya cukup dan outdoor siang menunjukkan gambar berketajaman kurang. Sedangkan, untuk pemotretan bercahaya minim tampak hasil yang mengecewakan.

Fitur radio FM turut ditambahkan dengan membutuhkan koneksi headset untuk aktivasinya. Antena internal memang tidak disertakan di dalam perangkat handphone, tapi tangkapan frekuensi berhasil menjaring 20 stasiun radio lewat Pencarian Otomatis. Kualitas siaran menghasilkan suara jernih di beberapa stasiun radio, tapi banyak juga yang kurang pas menangkap frekuensinya.

Spesifikasi dan fitur CrossX AD350 :
HSDPA 900/2100, layar sentuh resistif, 256 ribu warna, 3.0 inci, Android 2.2 Froyo, prosesor MT6516, memori internal storage 256 MB, memori eksternal Micro SD, kamera 2 MP, 1600×1200 pixel, WiFi, Bluetooth, GPS, A-GPS, baterai Li-ion 1000 mAh.