BlackBerry Torch 9850 Monaco : Layar sentuh penuh yang pertama

BlackBerry Torch 9850 Monaco

BlackBerry bersistem operasi teranyar akhirnya datang juga ke pasar tanah air. Salah satunya lewat BlackBerry Torch 9850 Monaco yang berpenampilan berbeda dengan seri terdahulu.

lnilah pertama kali BlackBerry mengeluarkan handphone full touchscreen, yakni Torch 9850. Keypad QWERTY yang melekat dan menjadi identitasnya selama ini tidak terlihat sama sekali. Kinerja handphone sepenuhnya dioperasikan pada layar sentuh yang berukuran 3,7 inci. Ukuran yang cukup lega untuk bermanuver di dalamnya.

Masih menggunakan desain sederhana yang terkesan serius, BlackBerry ini mempertahankan warna hitamnya. Casing depan menggunakan plastik, sedangkan bagian samping dan belakang berbahan metal. Finishing permukaan casing juga berbeda dengan bagian belakang terasa lebih kesat di tangan.

Karena sepenuhnya berlayar sentuh, maka tampilan utama handphone di dominasi layar kapasitif ini. Sebagai penunjang kinerja ditambahkan 4 buah tombol fisik (dial on, dial off, back, menu) dan sebuah trackpad. Sedangkan di sisi atas tersembunyi tombol pengunci layar untuk pengaman kala handphone tidak digunakan.

Antarmuka
Layar menjadi bagian penting di perangkat bernama lain Monaco ini. Teknologi dibagian ini cukup mendukung kinerja dengan kehadiran accelerometer, proximity sensor, dan multi touch. Dukungan 16 juta warna dengan kerapatan piksel 480 x 800 menghadirkan tampilan layar yang cerah dan tajam. Urusan respon layar kapasitifnya juga cepat.

Soal tampilan halaman muka, Torch 9850 tidak berbeda dengan seri terdahulu. Masih menggunakan sebuah homescreen dan lengkap dengan ikon-ikon tambahannya. Lembar notifikasi, pengatur koneksi, pengatur profil, lembar pencarian, dan jendela halaman menu.

Halaman menu masih terbagi atas 5 bagian: all, favorites, media, downloads, dan frequent. Yang terlihat baru adalah tampilan ikonnya yang lebih segar. Lebih tajam dan berwarna. Selain itu kehadiran keypad QWERTY virtual juga yang membedakan BB ini dengan yang sebelumnya. Bentukan keypad baik secara vertikal maupun horizontal bersusunan sama. Kecepatan mengetik pesan yang biasa dicapai dengan keypad fisik akan banyak terhambat dengan perubahan ini.

Koneksi
Keistimewaan si Monaco terletak pada kemampuannya untuk beroperasi dijaringan GSM atau CDMA dalam satu perangkat. Jadi, satu slot kartu SIM yang ada dapat dipasangkan salah satu kartu jaringan yang dipilih. Pilihan yang lebih beragam sangat mempermudah pengguna.

Kecepatan jaringan 3G GSM-nya dapat mencapai hingga 14.4 Mbps untuk download dan 5.76 Mbps untuk upload, sedangkan untuk EDVO CDMAnya mencapai 3,1 Mbps. Kehadiran Wi-Fi juga dapat digunakan untuk berinternet secara gratis.

Koneksi antarperanti menggunakan kabel data dan Bluetooth. Keduanya dapat berjalan lancar tanpa kendala. Untuk koneksi ke PC, sebaiknya Anda menginstal BlackBerry Desktop Software terlebih dahulu agar bias melakukan sinkoronisasi daftar kontak, media (musik, gambar), dan file lain. Tawaran update software terbaru tersedia juga di sini. Untuk mendownload dapat dilakukan di http://id.blackberry.com/services/desktop/desktop-pc.jsp.

Aplikasi
Sistem operasi terbaru menjadi otak dari Monaco. BlackBerry os 7 didukung dengan prosesor berdaya 1.2Ghz.Sebuah kekuatan baru untuk mempercepat kinerja browser dibandingkan seri terdahulu. Untuk sistem operasinya sendiri, selain membawa perubahan pada tampilan antarmuka juga menghadirkan beberapa pengalaman yang berbeda.

Fitur universal search yang di BB OS 6 hanya berbasis teks saja dikembangkan ke format suara. Tap saja ikon pencarian yang akan berubah jadi ikon mikrofon lalu ucapkan kata kunci, seketika Monaco akan mencari semua data yang ada di dalam handphone maupun di internet.

Pembeda lain terletak pada BlackBerry Messenger 6 yang juga merupakan versi terbaru aplikasi chatting khas ini. Kehadiran fitur Document To Go versi penuh yang dapat digunakan untuk membaca dan mengedit dokumen berformat excel, word, power point, dan pdf. Serta fitur kompas digital yang terhubung dengan peta.

Social Feeds tidak lupa ditambahkan di handphone ini. lsinya berupa rangkuman update jejaring sosial dan chatting yang diaktifkan serta kumpulan RSS. Yang menarik, dari fitur ini pengguna dapat melakukan posting status BBM, jejaring sosial, dan aplikasi chatting secara berbarengan.

Sebenarnya fitur NFC sudah dapat dijalankan pada perangkat ini, namun sayangnya belum tersupport oleh operator yang digunakan di lndonesia. Teknologi ini, salah satunya dapat dimanfaatkan untuk alat pembayaran layaknya dompet digital. Caranya dengan mendekatkan punggung handphone ke sebuah alat pemindai.

Multimedia
Meski berformat sebagai handphone pintar untuk menunjang pekerjaan, Torch juga dibekali dengan fitur  multimedia. Ada audio player, video player dan 9850 recorder, podcast, serta Slacker Radio.

Pemutar musik menampilkan pengaturan berdasar kategori lengkap dengan ikonnya. Tersedia pintasan ke BlackBerry Apps world untuk pencarian aplikasi musik dan pintasan sinkronisasi jika terhubung dengan desktop. Soal kualitas suara dalam kategori jempolan, terdengar jernih dan bulat (surround). Equalizer dapat diatur berdasar genre dan kualitas suara yang diinginkan.

Video player dan recorder tergolong juara, sebab sudah dapat merekam dan memutar video HD 720p. Kualitas gambar dan suara yang baik dalam proses merekam gambar bergerak. Hasil itu dapat terlihat jelas kala video diputar pada PC.

Kamera 5MP lengkap dengan lampu flash dan auto focus ditambahkan di menu multimedia. Geo-tagging pada fitur membuat foto sudah memiliki identitas lokasi secara langsung. lmage stabllizer dan face detection turut memudahkan pemotretan. Hasil yang didapat cukup memuaskan dengan warna natural dan tajam. Kondisi bercahaya minim tidak menjadi kendala untuk memotret.