Blackberry Bold 9930 : Qwerty dan Layar Sentuh untuk OS BB7


Saat ini Blackberry Bold 9930 tergolong bukan resmi, yang resmi didukung operator adalah Bold 9900. Secara spesifikasi keduanya beda tipis; Bold 9900 hanya berjalan di jaringan GSM, Bold 9930 berjalan di jaringan GSM maupun CDMA.

Yang paling menarik untuk diamati tentu saja sistem operasinya yang sudah BlackBerry 7. Versi baru tersebut diklaim memberikan peningkatan signifikan terhadap kinerja.

Browser
Browser merupakan salah satu peningkatan yang diklaim sistem operasinya, RIM menjanjikan aktivitas jelajah yang lebih mulus berkat perbaikan pada engine browser WebKit, apalagi ada prosesor yang sudah 1.2 GHz. Malah RIM berani menyebutkan lebih cepat sampai 40% terhadap BlackBerry 6 dan sampai 100% terhadap BlackBerry 5.

Selain itu, dengan dipakainya layar sentuh, pengguna Bold 9930 bisa manfaatkan kemampuan zoom dan pan untuk bernavigasi di browser.

Ketika kami membuka situs www.newcellularphone.us, halaman webnya lebih cepat terbuka di Bold 9930 dibanding Bold 9780 milik kami. Dan tampilannya relatif lebih rapi. Ketika hendak perbesar bagian konten rasanya memang lebih praktis langsung mengutak-atik layar sentuh.

Konektivitas dan Internet
Port microUSB di kiri bodi dipakai untuk isi ulang batere maupun transfer data. Dalam paket tak ada aplikasi BlackBerry Desktop Software, tapi kita bisa download dengan mudah dari situsnya.

Ketika perangkat terkoneksi ke komputer, muncul opsi USB Drive, Sync Media dan Charge only. Bluetooth juga bisa dipakai untuk transfer data. Kami bias mengirim file foto berformat jpg dan lagu berformat mp3 antara Bold 9930 dan Bold 9780.

Player Musik dan Radio
Kami menemukan Slacker Radio di unit yang kami pegang ini merupakan radio digital dan kita harus punya akun lebih dulu tak terlihat radio analog.

Untuk dengar lagu, ada Music. Kami tak melihat Equalizer untuk pengatur kualitas suara. Yang ada malah Music Store yang ketika dibuka ternyata mengarahkan kami ke Amazon MP3 - untuk beli lagu. Suara speakernya cukup jernih dan nyaring.Tersedia jack audio 3.5mm kalau menginginkan privasi.

Jejaring Sosial dan IM
BlackBerry versi 7 langsung membawa generasi terbaru BlackBerry Messenger (BBM) dan Social Feeds. Begitu pula rilis terbaru Facebook for BlackBerry yang sudah dilengkapi Facebook chat yang terintegrasi dengan BBM.

Kami juga menemukan Twitter for BlackBerry dan YouTube di deretan aplikasi, begitu pula Windows Live Messenger, Yahoo Messenger dan GoogleTalk.

Lalu ada beberapa aplikasi pre-load seperti versi Premium-nya Documents To Go, serta BlackBerry Protect sebagai pelindung data pribadi. BlackBerry Balance tercatat merupakan bawaan BB7, tapi kami tak melihatnya di unit yang kami pegang.

Soal game, hanya terlihat BrickBreaker dan Word Mole. Oya, universal search sudah ditambahi dukungan aktivasi suara, jadi kita sudah bisa lakukan pencarian hanya dengan perintah suara.

Desain
Pada dasarnya desain Bold 9930 masih mengikuti gaya khas keluarga BlackBerry ber-keyboard QWERTY. Yang berbeda adalah layarnya, Bold 9930 sudah pakai layar sentuh kapasitif. Jadi kita bisa sapu (swipe), cubit (pinch), atau perbesar (zoom). Meski masih VGA, layar sentuh ini berteknologi Liquid Graphics. Teknologi ini gabungkan Prosesor grafis dan CPU untuk dapatkan respon sentuh yang jauh lebih mulus.

Untuk navigasi, disiapkan trackpad optikal. Di kiri-kanannya tetap ada Call, Menu, Back dan End call/Power, tapi sekarang berupa panel sentuh. Panel itu terpisah dari layar sentuh. Bentuk tombol keyboard QWERTYnya mengingatkan kami pada tombol keyboard di Bold 9780. Sepintas, dimensi Bold 9930 mirip Bold 9000. Namun Bold 9930 terasa lebih premium dengan bahan logam di tepi bodi, plus casing belakang yang bermotif dan mengkilap. Belum ada informasi apakah akan ada pilihan warna selain hitam. Slot microSD tersembunyi di balik batere.

Yang sempat menggelitik kami adalah dalam paket tak ada earphone. Dalam aktivitas sehari-hari memang earphone sangat jarang dipakai.Tapi kami tetap merasa kehilangan ketika tak menemukannya dalam paket.


Kamera 5 MP
Bold 9930 dilengkapi kamera 5 MP dan flash lensa kamera autofocus. Di Camera ada pengaturan Flash (Auto, On, Off), Geotagging (On, Off ), Scene Modes (Auto, Face Detection, Portrait, Sports, Landscape, Party, Close-up, Snow, Beach, Night, Text), serta pintasan ke Media Home dan Video Camera. Dalam Options tersimpan pengaturan Digital Zoom, lmage Stabilization, Picture Review, lmage Size (maksimal large 2560x1920) dan Storage.

Di Video Camera malah lebih simple, hanya ada pintasan ke Media Home dan Camera. Dalam Options tersimpan pengaturan Video Light, lmage Stabilization, Scene Mode, (Auto, Portrait, Landscape, Closeup, Beach), Video Format (maksimal HD - 1280x720), dan Storage. Foto yang dihasilkan tergolong tajam, termasuk obyek bergerak maupun kondisi minim cahaya. Video pun cukup mulus.

Tak terlihat fitur untuk berbaqi ke jejaring teman. Tapi mayoritas aplikasi sudah menyiapkan opsi untuk mengakses folder Pictures maupun Videos.