Pertarungan Smartphone Layar Lebar - Dell Venue VS HTC Sensation XL



Kehadiran smartphone saat ini memang disambut baik bahkan digemari banyak orang, terutama bagi mereka yang memerlukan alat elektronik canggih sebagai alat pelengkap dalam bekerja. Mungkin Anda termasuk salah satu penggemar dan pengguna smartphone. Kami akan membahas smartphone Dell Venue dan akan membandingkannya dengan HTC Sensation XL.

Desain

Dibalut dengan bodi ramping berdimensi 121 x 64 x12,9 mm Dell Venue hadir dengan layar AMOLED capasitive touchscreen berukuran 4.1 inci beresolusi 480 x 800 pixel dengan kedalaman warna 16M dan dukungan teknologi layar Corning Gorilla Glass. Berat smartphone ini mencapai 164 g.

Sementara HTC Sensation XL hadir dengan layar lebih lebar yaitu 4.7 inci HVGA berresolusi 480 x 800 pixel yang juga dilengkapi pelindung Gorilla Glass. Adapun dimensi smartphone ini yaitu 133 x 71 x 10 mm dengan berat mencapai 162 g.

Operating System dan Memori

Berjalan pada sistem operasi Android 2.2 Froyo, Dell Venue dilengkapi dengan prosessor Scorpio 1 GHz, Andreno 200 GPU, Qualcomm QSD8250 Snapdragon chipset. Untuk penyimpanan data tersedia memori internal 512 MB RAM, 1 GB ROM, dan slot kartu microSD hingga 32 GB.

HTC Sensation XL menggunakan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread didukung denganprossesor single core 1.5 GHz, Andreno 205 GPU, Qualcomm MSM 8255 Snapdragonchipset dan RAM 768 MB. Pada smartphone ini tersedia memori internal sebesar 16 GB, namun tidak dilengkapi slot kartu microSD. Dengan kecepatan mencapai 1.5 GHz, tentu HTC Sensation XL lebih unggul dibanding Dell Venue saat digunakan untuk sarana akses internet, membuka aplikasi, game atau browser.

Konektivitas dan Kamera


Untuk mengakses internet, Dell Venue didukung jaringan 3G/HSDPA/HASUPA dan terintegrasi dengan WiFi 802.11 b/g, WiFi Hotspot. Adapun untuk transfer data, tersedia Bluetooth dengan kemampuan A2DP + EDR. Tersedia kamera 8 megapixel pada smartphoneini lengkap dengan autofocus, LED Flash with Geo-tagging dan face detection.

HTC Sensation XL didukung dengan konektivitas HSDPA/HSUPA, terintegrasi dengan WiFi a/b/g/n, WiFi Hotspot, Bluetooth 3.0, GPS dan dilengkapi kamera 8 megapixel lengkap dengan autofocus, LED Flash, face detection, touch focus, image stabilization.

Kesimpulan

Smartphone yang tampil dengan mengusung layar lebar ini hadir dengan keunggulannya masing-masing. Untuk urusan selera, tentu Paseban menyerahkannya pada Anda. Hanya saja yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone ialah sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Adapun mengenai harga, Dell Venue dibanderol dengan kisaran harga Rp 4.250.000 sementara HTC Sensation XL Rp 5.200.000.