Samsung Nexus S : GingerBread ala Samsung

Dengan sudah dibenamkannya GingerBread, membuat smartphone ini bisa dioperasikan dengan cepat plus ada dukungan internet calling.

Android memang terus menerus dikembangkan, setelah banyak cellphone atau smartphone menanamkan Froyo yaitu Android v2.2, kini giliran GingerBread yang menarik perhatian banyak vendor. Salah satu contohnya adalah Samsung. Perusahaan asal Korea ini meluncurkan smartphone pertamanya yang berbasis Andoid v2.3 dengan nama Nexus S.

Dengan ukuran layar 4 inchi, dan tampil cukup tipis, karena ketebalannya hanya 10 mm. Walaupun kurang nyaman ketika dimasukkan ke kantong, tapi tidak mengurangi kenyamannya saat digenggam. Material yang digunakan pada casing belakangnya adalah plastik dengan kualitas bagus, menjadikan Nexus S terlihat gagah. Sedangkan warna putih di bagian belakang dan hitam glossy di bagian depan, menjadikan smartphone ini terlihat anggun.

Smartphone ini minim akan tombol, hanya tombol pengatur volume dan kunci yang ada di pinggirnya. Begitu juga dengan slot, Nexus s hanya menyediakan dua slot dibagian bawah, yaitu untuk microUSB dan audio 3,5 mm.

Memiliki dua kamera, berteknologi 5 MP dibagian belakang yang sudah disertakan dengan flash dan beberapa setting seperti white balance, store location, focus mode, exposure, scene mode dan colour effect. Sedangkan dibagian depan hanya disediakan kamera VGA. Hasilnya cukup mengagumkan, berkat flashnya yang cukup besar, gambar yang dihasilkan menjadi begitu tajam.

Fitur terbaru yang disertakan pada GringerBread adalah Google Voice, dimana dengan fitur ini kita bisa melakukan panggilan dengan menggunakan jasa SIP (Session Initiation Protocol) atau lebih gampangnya disebut internet calling. Dengan teknologi ini maka biaya panggilan bisa lebih murah. Untuk bisa menikmati layanan ini caranya cukup mudah, hanya perlu mendaftarkan akun Gmail, secara otomatis anda akan memiliki akun Google Voice.