Tips Sederhana Seo


Tips Sederhana Seo - Oke, langsung saja, berikut 18 Tips SEO Sederhana (lebih tepatnya bukan tips, melainkan poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam meng-SEO-kan web/blog Anda). Here there are:
1. Web/Blog Anda harus didesain sesuai dengan struktur SEO yang baik. Masih ingat tulisan Saya tentang Desain VS SEO? Search Engine hanya melihat teks bukan grafis yang penuh flash atau layout yang “wah”. Sebuah web/blog yang tampilannya keren tidak akan berarti apa-apa jika tidak seorangpun yang bisa menemukan web/blog itu =))
2. Setiap halaman wajib memiliki Title, Descriptions dan Keywords tersendiri. Pengguna WordPress pastinya lebih mudah karena banyak plugin yang mengakomodir kebutuhan ini seperti All in One SEO atau Platinum SEO.
3. Perhatikan Canonical link. Apa itu? Begini, contoh sederhana adalah URL homepage. URL web/blog kita bisa menggunakan www atau tanpa www. Nah, jika Anda memilih tanpa www, Anda harus meredirect link dengan www. Contohnya blog ini. Saya memilih tanpa www, namun, saat teman mengetikkan URL www.ahyari.com, mereka akan diredirect ke ahyari.com. Sekali lagi, pengguna WordPress pasti bisa dengan mudah mengaturnya. Itu baru halaman home, bayangkan jika itu terjadi di halaman post? Tentu akan terjadi pemahaman sepihak dari google, yang berujung web/blog Anda adalah Duplicate Content. Waspadalah! )
4. Saat Anda mendesain tampilan web/blog, sebisa mungkin menghindari menu berformat dropdown (itu lho, kalau cursor diarahkan ke link, secara otomatis akan terbuka sub-sub halaman). Jika terpaksa menggunakan format ini, pastikan Anda memasukkan link, sehingga Search Engine dapat membaca link Anda. Biasanya menu yang tidak baik memiliki format # saat kita mengklik (menggunakan jquery).
5. Ekstensi web? Tidak ada pengaruhnya bos.. Mau *.html, *.htm, *.php, *.asp dll. Search Engine tidak melihat ekstensi yang Anda gunakan, jadi tidak usah takut melihat web/blog teman yang menggunakan *.html sedang Anda menggunakan *.php.
6. Setiap halaman yang ada, wajib memiliki link balik ke halaman home. Pengguna CMS tentu saja tidak perlu mengkhawatirkan ini )
7. Poin ke tujuh rada serem dan sulit digunakan oleh blogger dengan dana terbatas (termasuk saya =)) ). Poin ke tujuh ini adalah sebisa mungkin jangan 1 server dengan web/blog yang pernah di banned google. Tuhkan? susah! Kalau mau begitu, kita harus menyiapkan private server sendiri. Huhuhu.. Paling murah Rp. 2,5jt perbulan!!!! Kebanyakan blogger Indonesia (termasuk Saya) adalah golongan penyewa shared hosting yang notabene bejubel :D Tapi tampaknya google juga tidak “sebodoh” itu. Mereka tidak akan langsung memvonis, namun, tentu saja hal ini bisa terjadi.
8. Konten web/blog Anda adalah RAJA. Buatlah tulisan seunik mungkin. HINDARI dan JAUHKAN COPY-PASTE. Selain buruk di mata search engine, juga buruk di mata manusia =)) istilah trend-nya sih plagiat )
9. Gunakan keyword yang benar-benar relevan. Kebanyakan pengunjung mengetikkan kata kunci di search engine langsung menuju sasaran. Misalnya Anda berjualan modem di kota Yogyakarta, sehingga, Anda harus menulis Modem Murah Yogyakarta, tidak hanya modem murah (ini memang tidak berpengaruh jika Anda melayani penjualan modem di seluruh Indonesia dengan sistem kirim barang). atau Belajar Blog. Padahal Anda mengajarkan WordPress. Seharunya Belajar Blog WordPress atau Belajar WordPress saja )
10. Jika Anda merupakan owner dari suatu web perusahaan yang secara garis besar memiliki content tetap (static page, portofolio perusahaan), ada baiknya Anda membuat blog perusahaan. Search Engine lebih mengutamakan konten yang baru, yang fresh from oven (kayak roti aja ya? D ). Kemudian, di blog Perusahaan nanti, Anda melakukan link balik ke portofolio perusahaan tersebut. Tentu blog perusahaan ini harus diupdate berkala.
11. Menulis dengan wajar. Keyword yang Anda kejar usahakan fokus. Jika tidak, ini akan membingungkan search engine. “ini blog isinya apa sih” gumam bot google P (ini tidak berlaku bagi blog gado-gado kayak punya Saya; yang menulis dan berbagi merupakan kesenangan batin; mau dibaca atau tidak; mau diberi komentar atau tidak; tidak masalah ) ). Jika Anda seorang pengelola web yang ber-niche khusus, fokuslah pada niche itu. Jika Anda berjualan pulsa, tulislah tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pulsa, jangan malah latah ikut kontes SEO yang keywordnya berbeda jauh dengan usaha Anda D
12. Membangun link. 10 link Anda di tempat yang relevan, masih lebih baik dibanding 100 link yang berada di tempat yang tidak relevan. Sebisa mungkin, bertukar link dengan yang se-niche.
13. Gunakan link yang memiliki prase, misalnya “Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace” jangan menggunakan “klik disiniD
14. Jangan meletakkan list link/blogroll di sidebar. Ini akan mengganggu relevansi homepage Anda. (tentu saja bagi blogger yang persahabatan erat, ini tidak masalah. Bagi mereka, persahabatan lebih utama ketimbang relevansi blog mereka; begitu pula halnya blog ini, meski tidak memiliki blogroll, namun menganut paham dofollow yang secara JELAS juga ikut mengurangi relevansi. Tapi tidak masalah, sudah Saya sampaikan alasannya di no.11 ) )
15. Berikan keterangan pada gambar, jika memang mengharuskan Anda meletakkan gambar. Isitilahnya umumnya, harus ada ALT )
16.  Sebisa mungkin, hindari format ajax, flash dan frame. Tidak ada satupun dari format tersebut Search Engine Friendly.
17.  Buat web/blog Anda terindex. Langkah pertama, Anda harus mendaftarkannya ke berbagai search engine. Kalau google, bisa ke Google Webmaster Tools.
18. Google PageRank. Ini kasus yang masih menjadi perdebatan. Namun, menurut Saya, seberapa tinggipun PR suatu web/blog, konten mereka masih lebih berperan untuk mendatangkan pengunjung )