Nokia 700 : Symbian Belle Pertama yang Ramah Lingkungan


Bersama dengan Nokia 701, Nokia 700 merupakan handphone pertama nokia pertama yang Ber-OS Belle. Tidak hanya itu nokia juga membuat handphone ini dengan bahan material yang ramah lingkungan. Namun meski menggunakan bahan yang mudah didaur ulang, desainnya tetap oke.

Desain
Nokia 700 dibuat dari 60% bahan material yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Komposisi antara plastik dan metal cukup seimbang, hal ini dapat dirasakan saat kami membawanya dan menggenggamnya, artinya bobotnya tidak terlalu berat atau ringan.

Layar Gorilla Glass didepan dikombinasikan dengan plastik. Sedangkan bahan metal dibagian belakang. Agak tipis dan lebih panjang pada sepertiga ketebalan dibagian belakang, untuk tempatkan Speaker. Lapisan Gorilla Glass cukup terbukti karena, saat kami coba menggoreskan kunci pada layar, goresan tidak membekas pada layar.

Tidak hanya itu layarnya juga menggunakan teknologi Clear Blacknya yang mampu bekerja dengan sempurna untuk mengurangi refleksi, dan meningkatkan visibilitas di luar ruang. Sehingga tidak masalah digunakan dibawah sinar matahari.

OS dan Interface
Seperti saudaranya Nokia 701, handphone berdesain panjang ini sudah menggunakan OS Symbian Belle. Belle merupakan Sistem operasi terbaru nokia yang dikembangkan Symbian ^3 dan Anna. Dengan prosesor yang cukup mumpuni kinerja OS terbilang cukup bagus dan lebih baik dibandingkan handphone dengan OS terdahulunya.

Belle memiliki homescreen dan Menu yang lebih menarik, selain itu aplikasi lebih diperbarui dan memoles keselurahan ikon, sehingga leibh memenuhi kebutuhan estetika. Homescreen Belle punya enam homescreen yang bisa ditambah dan dikurangi widgetnya. Bedanya dengan homescreen terdahulku di belle bisa menggunakan wallpaper yang berbeda pada setiap homescreennya.

Belle menambahkan notifikasi pull-downstatus dibagian atas layar, panel ini sudah pernah kita lihat di Android atau pada IOS5. Seperti pada OS yang sebelumnya menggunakan ini, panel ini mampu memberikan notifikasi dan info status atau aktivasi mobile data, Wifi bluetooth dan modus silent.

Kamera
Perbedaan OS bukan berarti harus merubah segalanya, itulah yang dikembangkan oleh Nokia. Karena melihat Interface kameranya tidak banyak berubah. Disebelah kiri terdapat tombol virtual shutter, ikon switching modus video dan foto, sedangkan sebelah sebaliknya terdapat digital zoom yang bisa tersembunyi

Nokia juga menambahkan tombol shutter fisik yang berada di sebelah kanan handphone. Sehingga pengambilan foto lebih mudah seperti memegang sebuah kamera pocket. Setelah mengambil foto, BGers dapat mengedit langsung di handphone melalui aplikasi foto editor.

Sedangkan untuk modus perekaman video, anda dapat merekam video berkualitas HD. Meski kurang fokus dan kurang detail, akan tetapi hasilnya cukup baik ketimbang seri 500

Hasilnya jelas lebih baik dari Nokia 500, meski menggunakan kualitas 5 MP juga. Foto lebih focus dan mampu memberikan kualitas foto yang jernih. Sayangnya untuk foto closeup kurang focus. Dengan adanya lampu flash hasil diruang gelap bisa lebih terang.

Koneksi dan Internet
Yang terbaru dari Nokia 700 adalah dengan adanya dukungan koneksi dengan NFC, nokia yang satu ini siap mengkoneksikan dirinya dengan perangkat yang mendukung NFC lain. Tinggal tempelkan saja, maka perangkat NFC lain sudah terkoneksi dengan sempurna. Untuk koneksi lainnya masih sama dengan handphone terdahulu seperti dukungan HSDPA dan lain seperti bluetooth dan microUSB.

Multimedia
Hampir sama juga dengan interface di OS terdahulu, Nokia 700 masih memperkenalkan interface gaya new Cover Flow pada music playernnya, dimana cover CD data digeser untuk mengganti lagu. Dan dukungan mensorting lagu di HP. Musik playernya dapat dinavigasikan melalui widget jika anda simpan di Homescreen. Selain itu juga masih didukung dengan equalizer, Loudness dan Stereo widening. Sayang kualitas suara Nokia 700 tidak lebih baik dari Nokia 500 meskipun harga lebih mahal. Untuk kemampun video player. Nokia mampu memainkan beberapa format file sperti MP4, AVI, WMV bahkan MKV atau bahkan video dengan kualitas HD.

Tidak hanya itu Nokia juga memasukkan beberapa aplikasi multimedia yang cukup mumpuni didalamnya seperti video editor yang memungkinkan anda membuat video dan slideshow video. Untuk aplikasi multimedia lainnya BGers dapat menikmati streaming Youtube Video CNN, E!, National geograpic, dan paramoun pictures. Masing - masing dari merka memrlukan koneksi internet 3g dan wifi.

Kesimpulan
Penggunaan Symbian Belle memang cukup terasa bedanya. Dari sisi kinerja, Belle lebih stabil, dibandingkan Symbian 3 atau Anna. Oleh karenanya Symbian yang satu ini sudah bisa menyaingi android dan iOS. Apalagi dengan adanya panel notifkasi. Namun Nokia tidak memperhatikan detail kemampuan kameranya. Beruntung sudah mampu merekam video secara HD.

Tips
Pada Symbian Belle, Nokia menambahkan panel notifikasi seperti pada Android atau iOS. Dengan menggunakan system pulldown, anda bisa mengakses aktivasi mobile data, Wifi, Bluetooth dan modus Silent. Caranya melalui tampilan homescreen atau menu tinggal menggeser jari dari atas layar kebawah untuk memunculkan panel ini.