Kilas Balik Trend Handphone 2011 yang Mengubah Wajah Industri

Telepon seluler menjadi lebih pintar dan lebih dari sekedar perangkat yang hanya bisa digunakan untuk SMS dan telepon saja. Akhir-akhir ini, gelombang produk smartphone pun menyerbu pasar dan berada di genggaman sebagian besar pengguna. Tak ayal muncullah trend handphone 2011 yang sebentar lagi akan kita tinggalkan.

Kilas Balik Trend Handphone 2011 yang Mengubah Wajah Industri www.tabloidhandphone.com

Nama seperti iPhone, Android, Windows Phone dan BlackBerry naik kepermukaan menghentikan dominasi merek Nokia. Begitulah gambaran umum dari kilas balik trend handphone 2011.

Dan berikut ini adalah delapan trend handphone 2011 yang paling berpengaruh dan mengubah wajah industri teknologi mobile.

Pembayaran Menggunakan Handphone

Trend handphone 2011 menunjukkan bahwa shoppers di belahan benua lain, dan beberapa Negara di benua asia, telah menggunakan smartphone-nya sebagai alat pembayaran baru bagi mereka, tentu saja tidak lepad dari hadirnya teknologi NFC.

Didukung dengan layanan Google Wallet, memungkinkan pengguna untuk menyimpan kartu kredit dan kartu pembayaran lainnya pada smartphone miliknya, trend handphone 2011 menunjukkan bahwa membayar menggunakan telepon seluler mulai marak digunakan.

Sayangnya, trend handphone 2011 ini belum sampai ke Indonesia, meskipun demikian namun sepertinya persiapan sudah mulai dilakukan. Contohnya seperti layanan T-flash Telkomsel.

Rumor iPhone 5

Rumor iPhone 5 mulai dari sekedar tulisan hingga foto rekayasa banyak muncul di dunia. Rumor iPhone 5 ini layak masuk ke trend handphone 2011, meskipun rumor tersebut terhenti ketika Apple merilis iPhone 4S, 4 Oktober 2011 yang akhirnya mematikan ekspektasi beberapa fanboy yang menginginkan model iPhone generasi berikutnya.

iPhone 4S dan Siri

Santernya pemberitaan tentang kekecewaan fanboy atas iPhone 4S dan bukannya iPhone 5 hanya berlaku sebentar. Meskipun memiliki desain yang sama dengan iPhone 4, iPhone 4S masih menjadi produk iPhone yang kontroversial seperti pendahulunya. Hal ini tentunya disebabkan karena hadirnya fitur Siri, software voice assistant Siri yang memang belum ada tandingannya ini berhasil membawa iPhone 4S masuk dalam trend handphone 2011.

QR Codes

Two-dimensional Quick Response, atau yang lebih umum disebut sebagai QR codes, mulai muncul dalam dunia digital dan media cetak kampanye marketing tahun 2011. Lalu kemudian tools yang menyediakan akses lebih pada pengguna handphone ke media informasi terkait di Internet ini menjadi trend handphone 2011.

Ketika sebuah gambar kode ditangkap oleh scanner QR kamera ponsel, perangkat pengguna akan langsung mendapatkan sumber informasi berlimpah dari suatu media.

Maraknya Mobile Gaming

Diawali dengan populernya Angry Birds, mobile games mulai menjadi trend handphone 2011. Menurut Nielsen, Media research, games menjadi aplikasi paling populer di kalangan pengguna telepon seluler, mengalahkan aplikasi search, aplikasi maps/navigation, aplikasi jejaring sosial dan aplikasi musik. Bahkan tercatat sekitar 93% pengguna bersedia untuk membeli aplikasi game.

Android naik daun

Statistik yang juga datang dari Nielsen menunjukkan bahwa Android menjadi mobile OS(Operating System) nomor satu di Amerika, mengalahkan iOS Apple dan BlackBerry. Statistik semacam ini untuk wilayah Indonesia masih belum tersedia, namun dari gambaran kasar nampak bahwa trend handphone 2011 ini juga terjadi di Indonesia, meskipun posisi Android masih belum bisa mengalahkan BlackBerry.

Cloud

Munculnya alternatif media penyimpanan yang bisa diakses dari berbagai macam perangkat ini mendapat perhatian banyak pengguna dan menjadi bagian dari trend handphone 2011. Entah itu Apple iCloud, Microsoft Skydrive atau yang paling populer di Indonesia seperti Dropbox, yang hampir semua pengguna telepon seluler memanfaatkan layanan ini.

Siapakah yang akan menjadi trend handphone 2012 nanti? iPhone 5 rilis? BlackBerry kembali menjadi raja smartphone? Nokia kembali mendominasi? Android merilis superphone fantastik? Atau malah Windows Phone menjadi perangkat favorit? Apa prediksi Anda?