Pixcom AndroTab II : Generasi Kedua, Penampilan Berbeda

Pixcom AndroTab II


Pixcom. Merek lokal yang baru berusia setahun ini sedang menggebu-gebu. Baru saja merilis AndroTab beberapa minggu lalu, kini vendor baru itu menelurkan generasi keduanya. Perangkat yang diberi nama AndroTab II ini dibanderol Rp1,6 juta. Sepintas, tampak sama dengan generasi pertamanya. Tapi, bagaimana dengan isi dan performa?

Desain
Jika diamati fisiknya, Pixcom AndroTab II memang nyaris sama persis dengan Pixcom AndroTab I. Hanya ada beberapa perubahan minor. Misalnya, corong speaker yang kini bersembunyi di sisi belakang, penempatan brand Pixcom ke atas layar, dan sedikit sentuhan warna silver metalik pada bodi belakang. Ia mengusung layar sentuh berjenis capacitive 7 inci, sama lebarnya dengan Samsung Galaxy Tab dan tablet PC pada umumnya. Resolusi yang menyertai layar ini mencapai 800x480 pixels. Layarnya memang tidak begitu impresif, tetapi masih nyaman dipandang. Pada Homescreen, Anda bisa menambahkan sendiri widget-widget yang Anda suka atau sering gunakan di 4 halaman utama yang tersedia.

Port microUSB untuk konektivitas data kabel atau isi ulang baterai berada di sisi kiri AndroTab II, berjejeran dengan slot kartu SIM dan mic. Sedangkan kontrol volume +/- dan tombol Power yang juga berfungsi sebagai pengunci layar disematkan di sisi atas. Sisi bawah dihiasi slot untuk kartu memori microSD dan port headset 3,5 mm.

Fitur
Menjelajahi isi dari AndroTab II menjadi pengalaman yang cukup menyenangkan. Meski buatan vendor merek lokal, layar sentuhnya responsif walau resolusi layarnya tidak sebesar tablet-tablet kelas atas, seperti Apple iPad atau Samsung Galaxy Tab. Sehingga, visual yang dihasilkan tidak terlalu jernih.

Namun, aktivitas browsing, unduh mengunduh, streaming video terasa ringan di AndroTab II. Ini memang tidak lepas dari kemampuan akses data 3G HSDPA. Jika koneksi kartu SIM bermasalah, Anda bisa memanfaatkan area hotspot untuk berselancar dengan Wi-Fi. Browsernya didukung teknologi HTML, serupa dengan browser-browser pada PC.

Fitur lainnya, AndroTab II dibekali iReader. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membaca buku atau majalah elektronik. Aplikasi bawaan Android, seperti Google+, Huddle, YouTube, Maps, Gmail, dan Android Market untuk berbelanja aplikasi. Sebagai pengguna bermobilitas tinggi, teknologi push e-mail pun turut hadir untuk menghubungkan Anda dengan kotak surat Anda selama 24 jam penuh.

Penilaian
Muncul sebagai tablet PC merek lokal, performa layar sentuh AndroTab II bisa diandalkan. Lumayan responsif. Kinerjanya pun gesit. Waktu yang disita ketika start-up pertama kali kurang dari 1 menit. Tak heran jika tahu prosesornya MSM7227 berkecepatan 600 MHz didukung dengan memori RAM 512 MB.

Kinerja telefoni, termasuk telepon dan SMS berjalan dengan semestinya. Internet pun demikian, relatif ngebut. Tapi, ini tergantung pada kekuatan sinyal operator yang digunakan. Soal kamera, karena kemampuannya berkurang dibandingkan AndroTab I, terasa kurang maksimal. Saat menggunakan fitur optical zoom hingga 3X, gambarnya pecah. Namun, untuk fitur multimedia lain, seperti pemutar musik atau video, berjalan normal. Daya tahan baterainya juga konsisten. Sama dengan generasi sebelumnya, indikator baterai berkurang separuh setelah pemakaian normal baik untuk telepon, dan juga internet selama dua hari dengan koneksi 3G.