Micxon IX5 : Lollipop Berbody Kokoh

Micxon IX5 : Lollipop Berbody Kokoh


Micxon adalah salah satu merek lokal yang agresif, kembali merilis produknya. Kali ini ditandai dengan kemunculan IX5. Handphone ini diberi kode nama Lollipop. Bisa jadi karena warnanya yang mengingatkan kita akan permen Lollipop yang warna-warni. Micxon IX5 juga mengandalkan fitur musik yang dimiliki dengan mendesain sejumlah tombol khusus pada bodinya.

Desain
Di bagian depan badan handphone ditambahkan list stainless. Secara material, handphone ini didominasi bahan plastik berkualitas. Berkat desainnya yang ramping, dengan lebar cuma 14 mm, Micxon IX5 begitu nyaman saat dipegang. Ukuran layar kurang dari dua inci, sehingga ikon-ikon yang di menu utama terlihat super padat. Port USB yang dipakainya berbeda dengan kebanyakan handphone yang memakai microUSB. Disini, ia memakai port proprietary, yang selain digunakan untuk isi ulang baterai dan transfer data, ia juga bisa dimanfaatkan sebagai headset.

Sebagai sarana input teks, Micxon IX5 menggunakan tatanan keypad alfanumerik. Tombol-tombol sedikit menonjol keluar kecuali empat tombol di bagian atas. Ada dua tombol panggilan untuk setiap SIM card. Ada pula tombol khusus untuk menu dan shortcut ke fitur kamera. Di bagian atas handphone terdapat 3 tombol pengatur Music Player.

Fitur
Kamera utama di belakang handphone kualitasnya VGA dengan resolusi tertinggi 640x480 pixels. Sayangnya, kamera tidak dilengkapi dengan fasilitas digital zoom, sehingga hanya bisa memotret objek dari jarak dekat. Micxon turut menyiapkan beberapa pilihan seperti pengaturan kontras, efek warna, dan white balance.

Fitur pemutar musik bisa dimainkan dengan menggunakan headset nirkabel A2DP. Seperti yang dikatakan di atas, ada tombol pengaturan di bagian atas handphone untuk memudahkan Anda saat menikmati musik. Letak speaker ada di bagian belakang handphone. Kalau handphone ada di genggaman tangan, output suara musik terasa kurang maksimal. Hiburan musik lainnya bisa memanfaatkan radio FM dengan fungsi cari otomatis.

Beberapa aplikasi jejaring sosial dan pesan instan yang dibenamkan pada IX5 adalah Facebook, Twitter, eBuddy Messenger, Yahoo! Messenger, dan MSN Messenger. Kesemua aplikasi tadi dikumpulkan pada folder Entertainment. Untuk lnternet, Anda hanya bisa memakai browser WAP bawaan handphone.

Hasil jepret yang didapat dengan Micxon IX5 ini biasa saja. Bahkan, kalau boleh jujur terlampau standar. Dengan resolusi gambar maksimal 600x480 pixels dan tanpa flash, tidak banyak yang bisa dilakukannya. Begitu juga dengan hasil video. Hasil yang didapat hanya 128x160 pixels. Tanpa memory card, kedua fitur ini tidak dapat digunakan sama sekali. Ini karena memori penyimpanan internal IX5 yang hanya cukup untuk operasional handphone sekadarnya.

Kinerja proses datanya lumayan bagus, mengingat handphone ini hanya dibanderol seharga Rp200 ribuan. Saat dites untuk internet, ia bisa mengoptimalkan jaringan GPRS dengan cukup baik. Apalagi ada offline mode pada WAP browser, yang mana memungkinkan Anda untuk menyimpan halaman dari internet yang dianggap penting, lalu dibuka lagi tanpa terkoneksi dengan internet. Urusan baterai, Micxon membekali handphone dual on GSM ini dengan Lithium ion berkekuatan 1000 mAh.