Apple iPad 2 : Tampil tipis, kinerja sadis

Ukuran yang lebih tipis dan pilihan 2 warna yang membedakan iPad 2 dengan seri sebelumnya. Dukungan iOS4 membuat kinerjanya sangat sempurna.

Dengan'dikikisnya' bagian pinggir, menjadikannya kelihatan cekung, dan ketika diukur, perbedaannya hingga 5 mm dengan seri iPad sebelumnya. Desainnya begitu cantik, dan lebih bergaya. Sedangkan untuk mempercantiknya lagi, di bagian depan iPad 2 diberi warna putih yang dilapisi bahan bening yang menjadikannya tampak berkilau.

Masih di bagian depan, terdapat pula sebuah kamera. Tidak jauh berbeda dengan iPad 1, di iPad 2 juga dihadirkan pengatur volume dan mute di samping kanan serta lock/off di atasnya. Sementara tombol menu berada di bagian tengah. Sedangkan untuk sambungan ke PC atau perangkat lain, disediakan satu slot di bagian bawah dan audio 3,5mm di bagian atasnya.

Perbedaan paling menonjol antara iPad 1 dan 2 adalah sudah dihadirkannya dua kamera di bagian depan dan belakang. Kamera utamanya, berteknologi 0,7Mp dengan 5X zoom, yang juga bisa merekam video dengan kualitas HD. Sedangkan di bagian depannya hanya hadir kamera VGA tanpa zoom yang juga bisa untuk merekam video dengan kualitas VGA. Walaupun belum membenamkan teknologi canggih pada kameranya, tapi hasilnya cukup lumayan ketika pengambilan gambar dilakukan di Iuar ruang dan dalam ruang. Namun hasil yang menakjubkan ditemukan ketika kameranya di switch menjadi perekam video, karena video yang dihasilkan begitu jernih dan tajam. Lebih asyik lagi, video yang sudah direkam bisa langsung dikirim melalui email atau di upload ke YouTube.

Satu lagi kelebihan iPad 2 dibanding yang terdahulu adalah sudah multi-tasking. Jadi semua aplikasi bisa berjalan bersamaan, tidak stop/pause seperti iPad generasi pertama. Tapi adanya aplikasi yang bertabrakan dan menjadikannya hang masih ditemukan di iPad terbaru ini. Hal ini terbukti saat pengujian membuka aplikasi Safari dan Facetime secara bersamaan, kameranya tiba-tiba tidak berfungsi dan harus dilakukan restart. Baca spesifikasi.